Sabtu, 02 Januari 2016

8 tips jitu menyelesaikan tugas kuliah secara teratur

8 Tips Jitu Menyelesikan Tugas Kuliah Secara Teratur


Yuk share artikel inspiratif ini :)

Kuliah adalah waktu di mana kamu sebenarnya harus benar-benar bersungguh-sungguh untuk belajar secara mandiri atau otodidak. Dalam masa ini, dosen tidak akan memberikan banyak materi dan memberikan penjelasan yang panjang lebar. Dosen hanya akan memberikan sedikit memberi penjelasan, kemudian mengarahkan mahasiswa untuk mencari sumber-sumber lain yang bisa memperdalam materi melalui internet atau di buku yang tersedia di perpustakaan.

Hal ini pasti sangat berbeda dengan saat masih duduk di bangku SMA. Guru memberikan banyak penjelasan, siswa mencatat, kemudian mengerjakan soal. Untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah, dan belum menemukan perkuliahan, tentunya jangan sampai terkejut dengan situasi ini.

Kamu bisa membayangkan berapa banyak tugas yang diberikan oleh masing-masing dosen di perguruan tinggi kepada mahasiswanya. Padahal, setiap program studi terdiri dari banyak mata kuliah yang diampu oleh dosen yang berbeda.

Bagaimana kamu bisa menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan baik dan maksimal? Padahal, melihat tumpukan buku sumbernya saja membuat malas dan bikin mengantuk. Tapi, tenang. Dari ulasan kali ini, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mempermudah mengerjakan tugas dan menghilangkan rasa malasmu. Check it out!

1. Kumpulkan silabus dari semua kelas kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan silabus dari setiap kelas yang kamu ikuti selama semester tersebut. Dari berbagai silabus tersebut, kamu bisa melihat dengan rinci kategori tugasmu, sumber, sampai tanggal pengumpulannya. Hal ini merupakan langkah yang baik untuk menunjukkan serta melatih keseriusan dalam melaksanakan tugas kuliah.

2. Bukalah Spreadsheet pada program Excel di komputer kamu

Setelah membaca secara detail tugas di silabus, maka langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah menuliskannya. Kamu bisa menggunakan program Excel di komputer atau PC kamu. Buat spreadsheet dan mulailah bekerja.


3. Buatlah kolom

Langkah selanjutkan adalah membuat kolom pada spreadsheet. Kolom-kolom tersebut meliputi: tanggal pengumpulan, kelas, jenis tugas, rincian tugas. Hal ini akan membantu kamu untuk memilah dan mengatur tugamu, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan.

4. Masukkan tugas beserta tanggal pengumpulannya

Setelah kolom selesai dibuat, sekarang waktu bagi kamu untuk menyalin dan memasukkan tugas-tugas yang mungkin sebelumnya telah ditulis dibuku tulis, atau dengan melihatnya di silabus yang telah dikumpulkan sebelumnya.

5. Urutkan tugas-tugas tersebut berdasarkan tanggal pengumpulannya

Setelah selesai memasukkan semua tugas di dalam kolom, kemudian kamu harus mengurutkannya sesuai tanggal pengumpulan. Dengan demikian, kamu akan memiliki gambaran kapan akan mulai mengerjakan tugas tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih siap dan memiliki waktu banyak untuk m






engerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Atur agar terlihat rapi dan menarik

Setelah semua tugas tertata sesuai tanggal, kamu dapat memberikan tambahan kata-kata motivasi yang dapat menambah semangat. Kamu juga dapat menambahkan gambar atau emoticon lucu yang membuat amu tidak merasa bosan saat membacanya.

7. Cetak

Langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Sebaiknya kamu tidak hanya memiliki satu lembar, tapi dua atau tiga. Satu lembar untuk ditempel di tembok kamar, dan satu lembar untuk pegangan kamu (bisa diselipkan di buku tulis atau di binder).

8. Selalu pantau peningkatanmu

Semua langkah-langkah yang telah diikuti akan membantu untuk lebih mudah memantau peningkatan akademik kamu. Lembar yang telah kamu cetak sebelumnya akan menjadi alat untuk mengetahui tingkat kesiapanmu mengikuti proses perkuliahan. Kamu sebaiknya menyiapkan pulpen berwarna atau stabilo untuk memberi tanda tugas-tugas yang telah kamu selesaikan dengan baik. Dan jangan lupa mengucapkan Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar